haha69
haha69
haha69
haha69
haha69
haha69
haha69
Program pengolahan limbah DPPU Sepinggan meraih penghargaan internasional

Program pengolahan limbah DPPU Sepinggan meraih penghargaan internasional

Read Time:1 Minute, 41 Second

BALIKPAPAN (ANTARA) – Program pengolahan dan pengelolaan limbah warga binaan Pertamina di Unit Pengisian Bahan Bakar Pesawat (DPPU) Sepinggan Kalimantan Timur mendapatkan penghargaan Asia Responsible Enterprise Award (AREA) kategori Social Promotion.

Program itu kami namakan ‘Yuk Kawal IKN’ yang merupakan singkatan dari Mari Berbagi dalam Kolaborasi Nyata,” ujar Chief Operations Officer DPPU Sepinggan, Dimas Bagus Satriyo Wibowo, di Balikpapan.

Dimas menerima penghargaan tersebut dalam sebuah acara di Phnom Penh, Kamboja pada Jumat (30/6).

Dimas mengatakan, program Yuk Kawal IKN merupakan kolaborasi nyata antara masyarakat dan Pertamina dalam menjaga kebersihan lingkungan sekaligus mengembalikan manfaat menjadi sampah.

Sekilas program ini mirip dengan bank sampah, dimana warga menabung dengan cara mengumpulkan sampah dan dibayarkan atau dikreditkan ke rekening warga masing-masing. Dalam program tersebut, sebagai kompensasi atas sampah yang dikumpulkan dan diolah oleh penduduk dapat berupa beras.

Baca juga: UMKM binaan Pertamina produksi tekstil dari sampah plastik
Baca Juga: Pertamina kumpulkan sampah 3,2 ton dari pantai Dumai dan Bengkalis

The Asia Responsible Enterprise Award (AREA) adalah program Enterprise Asia, sebuah LSM internasional. Enterprise Asia bekerja sama dengan pemerintah, LSM, dan organisasi lain untuk mempromosikan daya saing dan pengembangan kewirausahaan yang berkelanjutan guna meningkatkan status ekonomi masyarakat di seluruh Asia.

Acara penghargaan ini dihadiri oleh lebih dari 19 negara dengan 8 kategori penghargaan yaitu kemitraan bisnis yang bertanggung jawab, kepemimpinan hijau, pemberdayaan sosial, tata kelola perusahaan, kepemimpinan ekonomi sirkular, investasi pada manusia, promosi kesehatan dan laporan keberlanjutan perusahaan.

Secara terpisah, Humas Pertamina Patra Nyaga Kanwil Kalimantan Arya Yusa Dwikandra mengungkapkan, perkiraan tersebut merupakan amanah bagi Pertamina Patra Nyaga dalam melaksanakan program tanggung jawab sosial dan lingkungannya.

“Ada empat bidang program tanggung jawab sosial dan lingkungan, yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan kemandirian. PT Pertamina Patra Nyaga akan terus berupaya meningkatkan peran di empat bidang tersebut kepada masyarakat di sekitar wilayah operasi kami,” kata Arya. .

Baca Juga: Pertamina Balongan Hasilkan 1 Ton Sampah Saat Membersihkan Pantai
Baca juga: Pertamina Dumai ajak masyarakat bersihkan pantai dari polusi plastik
Baca juga: Bank Sampah PHR-Unilak Raih Penghargaan Peduli Lingkungan

Koresponden: Novi Abdi
Editor: Budi Santoso
Hak Cipta © Bean 2023

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Semar UGM bangga menjadi tim pertama yang menjuarai SEM kelas Hidrogen 2023 Previous post Semar UGM bangga menjadi tim pertama yang menjuarai SEM kelas Hidrogen 2023
23 mesin penyulingan botol plastik beroperasi di Denpasar dan Badung Next post 23 mesin penyulingan botol plastik beroperasi di Denpasar dan Badung