haha69
haha69
haha69
haha69
haha69
haha69
Pemkot Pekalongan siagakan Tim Jogo Kali, cegah buang sampah ke sungai

Pemkot Pekalongan siagakan Tim Jogo Kali, cegah buang sampah ke sungai

Read Time:1 Minute, 25 Second

Tim Jogo Kali secara rutin dalam sepekan penuh diterjunkan untuk membersihkan sisa sampah di aliran sungai tersebut. Selain itu juga akan mengawasi masyarakat yang membuang sisa sampah ke sungai

Pekalongan (ANTARA) – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah, menyiagakan Tim Jogo Kali (Jaga Sungai) sebagai upaya mencegah masyarakat membuang sisa sampah ke aliran sungai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pekalongan Joko Purnomo di Pekalongan, Jumat, mengatakan tim tersebut berperan untuk mengoptimalkan penjagaan dan menjaga kebersihan sungai, diantaranya Sungai Loji.

“Tim Jogo Kali secara rutin dalam sepekan penuh diterjunkan untuk membersihkan sisa sampah di aliran sungai tersebut. Selain itu juga akan mengawasi masyarakat yang membuang sisa sampah ke sungai,” katanya.

Joko Purnomo dalam kegiatan Bersih-Bersih Sungai bersama Tim Penggerak PKK Kota Pekalongan mengatakan jumlah Tim Jogo Kali ada 19 orang, diantaranya enam orang berjaga di sisi utara dan sisanya di sisi tengah, dan selatan Sungai Loji.

Baca juga: Pemkot Pekalongan minta masyarakat optimalkan pengolahan sampah

“Tim Jogo Kali akan stand by sejak hari Senin hingga Minggu. Selain membersihkan tumpukan sampah di aliran sungai, tim ini juga menyingkirkan enceng gondok yang berada di tengah sungai,” katanya.

Menurut dia, jenis limbah di Sungai Loji didominasi sisa sampah rumah tangga, seperti botol plastik, botol kaca, dan kemasan makanan. Beberapa titik yang sering timbul banyak tumpukan sampah, kata dia, berada di aliran Sungai Loji yakni Kauman, Bendan Kergon, dan Pesindon.

Pemkot, kata dia, sangat membutuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai dan lebih menyadari dengan kondisi lingkungan.

“Kami berharap masyarakat jangan membuang sampah ke sungai, namun buang lah sampah ke tempat yang sudah disediakan seperti kontainer yang berada di sejumlah titik,” katanya.

Baca juga: Sampah plastik dominasi sedimentasi Pelabuhan Perikanan Pekalongan

 

 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
UAS dan Wali Kota Banjarbaru serahkan beasiswa bagi 24 santri ke Mesir Previous post UAS dan Wali Kota Banjarbaru serahkan beasiswa bagi 24 santri ke Mesir
Kendalikan inflasi pangan, Bapanas ajak kolaborasi hadapi El Nino Next post Kendalikan inflasi pangan, Bapanas ajak kolaborasi hadapi El Nino