haha69
haha69
haha69
haha69
haha69
haha69
Muhammadiyah ajak masyarakat jadi bagian atasi perubahan iklim

Muhammadiyah ajak masyarakat jadi bagian atasi perubahan iklim

Read Time:1 Minute, 12 Second

Kita menghadapi sebuah krisis yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan ekosistem, di mana dominasi liberalisme-kapitalisme telah menciptakan pola perilaku yang rakus tanpa memperdulikan kelestarian alam

Jakarta (ANTARA) –

Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengajak masyarakat untuk menjadi bagian dalam mengatasi perubahan iklim yang akan dibahas dalam “Global Forum for Climate Movement” di Yogyakarta, pada 16 November 2023.

 

“Dengan inisiatif dan kepemimpinan yang kuat dari organisasi seperti PP Muhammadiyah, ada harapan bahwa kita dapat mengubah arah masa depan dan menghijaukan kembali bumi yang kita cinta,” ujar Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

 

Anwar mengatakan penyelenggaraan forum tersebut menindaklanjuti amanah Tanfidzh Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Surakarta pada tahun 2022 yang mengangkat isu lingkungan dan perubahan iklim sebagai salah satu isu strategis.

 

 

Sebab, kata dia, perjuangan melawan pemanasan global tidak hanya sebatas isu lingkungan saja, tetapi juga pertarungan nilai dan sistem ekonomi yang mendominasi dunia saat ini.

 

“Kita menghadapi sebuah krisis yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan ekosistem, di mana dominasi liberalisme-kapitalisme telah menciptakan pola perilaku yang rakus tanpa memperdulikan kelestarian alam,” ujarnya.

 

 

Pada forum nanti, menurut Anwar, terdapat sejumlah hal yang akan dibahas. Pertama, filsafat alternatif untuk melawan dampak destruktif kapitalisme. Kedua, kritik bagi dunia industri dan kebijakan yang tidak berwawasan lingkungan.

 

Ketiga, peningkatan kesadaran, kerja sama, dan peran masyarakat sipil, untuk menanggulangi pemanasan global.

Forum ini juga akan menjadi momentum Muhammadiyah dalam memimpin gerakan lingkungan dan masyarakat sipil menuju transformasi yang berkelanjutan.

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Kemenag kucurkan bantuan penelitian untuk dosen PTK Kristen Previous post Kemenag kucurkan bantuan penelitian untuk dosen PTK Kristen
Din Syamsuddin Bakal Temui Surya Paloh di Markas NasDem Pekan Depan Next post Din Syamsuddin Bakal Temui Surya Paloh di Markas NasDem Pekan Depan