haha69
haha69
haha69
haha69
haha69
haha69
haha69
Lima cara agar kendaraan listrik tetap berjalan lancar di cuaca ekstrem

Lima cara agar kendaraan listrik tetap berjalan lancar di cuaca ekstrem

Read Time:1 Minute, 57 Second

Jakarta (Antara) – Belakangan ini sejumlah negara dilanda cuaca panas ekstrem yang bisa membahayakan kendaraan listrik.

Berikut lima cara pemilik kendaraan listrik (EV) agar kendaraannya tetap beroperasi saat menghadapi suhu tinggi atau cuaca buruk, seperti dilansir laman Electrek, Senin (10/7).

1. Parkir di tempat teduh

Parkir di tempat teduh pada hari yang panas sangat bagus untuk mobil listrik karena membantu mendinginkan mobil dan melindungi baterai dari kepanasan.

Menurut Laboratorium Energi Terbarukan Nasional, memarkir kendaraan listrik di bawah sinar matahari langsung dapat meningkatkan suhu baterai hingga 12 derajat Fahrenheit, namun berdiri di tempat teduh dapat menjaga suhu baterai pada atau di bawah suhu sekitar.

Baca juga: Begini cara merawat mobil efektif agar tidak bermasalah di cuaca panas

2. Jaga daya baterai EV Anda hingga 80 persen

Temperatur yang lebih tinggi dapat menyebabkan baterai kendaraan listrik terdegradasi lebih cepat. Tetap isi daya baterai untuk memastikan EV Anda memiliki daya yang dibutuhkan.

Mengisi daya baterai antara 20 hingga 80 persen dapat membantu memperpanjang masa pakainya, sementara membiarkannya lebih dari 80 persen untuk waktu yang lama dapat menyebabkan baterai cepat rusak.

Rencanakan juga rute mengemudi agar pengguna dapat menggunakan daya baterai dengan bijak.

3. Gunakan AC dengan hemat

Jangan menghidupkan AC, karena ini dapat mengurangi jangkauan EV.

Pra-kondisikan mobil sebelum mengemudi, sebaiknya saat pengisi daya dicolokkan, yang dapat membantu mengurangi waktu yang diperlukan untuk menghidupkan AC. Jika Anda tidak membutuhkan AC, panaskan atau matikan.

Baca juga: Pemudik Jarak Jauh Diimbau Tidak Pakai Mobil Listrik

4. Pemantauan tekanan ban

Panas yang ekstrem menyebabkan ban mobil membengkak, yang dapat menyebabkan inflasi berlebihan dan mengurangi jangkauan EV. Pantau tekanan ban secara teratur dan sesuaikan sesuai kebutuhan.

Pengguna dapat menemukan tekanan ban yang direkomendasikan untuk kendaraan listrik di manual, di pintu samping pengemudi, atau di layar komputer kendaraan. Menjaga ban Anda mengembang dengan tekanan yang tepat akan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.

5. Hindari pengisian cepat DC pada suhu ekstrim

Panas ekstrem memengaruhi kecepatan pengisian daya, jadi pilihlah waktu yang lebih sejuk untuk pengisian daya DC cepat jika Anda perlu mengisi daya dengan cepat.

Selama jam sibuk, beberapa stasiun pengisian cepat DC mungkin melambat untuk mengelola permintaan, yang membantu memastikan stasiun tidak terlalu panas.

Baca juga: Cara Merawat Aki Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Agar Awet

Baca juga: Cara Merawat Mobil Listrik, Mulai dari Service hingga Sparepart

Koresponden : Adimas Raditya Fahky P.
Editor: Natisha Andarningtyas
Hak Cipta © Antara 2023

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
OIKN: Ketahanan pangan di IKN meliputi wilayah sekitar Previous post OIKN: Ketahanan pangan di IKN meliputi wilayah sekitar
Presiden membuka Sesomdao Expressway dari mulut terowongan terpanjang paket Next post Presiden membuka Sesomdao Expressway dari mulut terowongan terpanjang paket