haha69
haha69
haha69
haha69
haha69
haha69
Jumlah kunjungan wisman ke Riau capai 3.472 orang

Jumlah kunjungan wisman ke Riau capai 3.472 orang

Read Time:1 Minute, 35 Second

Wisman yang berkunjung dominan dari Malaysia serta dari sejumlah negara…..

Pekanbaru (ANTARA) – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Provinsi Riau pada September 2023 sebanyak 3.472 kunjungan atau turun 20,71 persen dari bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 4.379 kunjungan.

“Wisman yang berkunjung dominan dari Malaysia serta dari sejumlah negara melalui pintu masuk Pelabuhan Dumai sebanyak 766 kunjungan atau 22,06 persen dari seluruh jumlah wisman berkunjung,” kata Kepala BPS Riau Asep Riyadi dalam keterangannya, di Pekanbaru, Sabtu.

Menurut Asep, jumlah wisman yang masuk melalui Pelabuhan Bengkalis adalah sebanyak 393 kunjungan atau 11,32 persen dan melalui Pelabuhan Tanjung Harapan di Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 147 kunjungan atau 4,23 persen dari seluruh jumlah wisman.

Sedangkan jumlah wisman yang tercatat masuk dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru adalah sebanyak 2.166 kunjungan wisman atau 62,38 persen dari seluruh jumlah wisman.

“Kendati Pemerintah Indonesia sudah menyatakan negara ini aman dikunjungi setelah pandemi COVID-19 berakhir ditandai sejumlah pintu masuk melalui udara dan laut dibuka, namun khusus selama September 2023 jumlah wisman berkunjung alami penurunan,” katanya lagi.

Ia menjelaskan berita resmi statistik perkembangan pariwisata Provinsi Riau September 2023 merupakan kumpulan data dan informasi dari berbagai aktivitas di sektor pariwisata yang meliputi jumlah wisman yang berkunjung ke Provinsi Riau.

Data dan informasi di sektor pariwisata tersebut, juga termasuk Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Berbintang dan Rata-rata Lama Menginap Tamu Asing dan Tamu Domestik di Hotel Berbintang.

“Jumlah wisatawan mancanegara merupakan data wisatawan yang masuk melalui pintu imigrasi di Bandara Sultan Syarif Kasim II dan tiga pelabuhan laut yang ada di Provinsi Riau, yaitu Pelabuhan Laut Dumai, Pelabuhan Laut Bengkalis, dan Pelabuhan Laut Meranti,” demikian Asep Riyadi. 

Baca juga: Kini, wisman masuk Kepri tak perlu lagi lampirkan asuransi kesehatan

Baca juga: Wisman berkunjung ke Riau Agustus naik 18,9 persen

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Bicara Soal Kekuasaan, Surya Paloh Ingatkan Manusia Meninggalkan Nama Baik Previous post Bicara Soal Kekuasaan, Surya Paloh Ingatkan Manusia Meninggalkan Nama Baik
Insentif 5G untuk tingkatkan koneksi Next post Insentif 5G untuk tingkatkan koneksi