haha69
haha69
haha69
haha69
haha69
haha69
BMKG: Aktivitas gempa meningkat di Maluku, dipengaruhi gempa M7,2

BMKG: Aktivitas gempa meningkat di Maluku, dipengaruhi gempa M7,2

Read Time:1 Minute, 40 Second


Ambon (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas 1 Ambon mendata sebanyak 160 kejadian gempa bumi di Maluku periode 3- 9 November 2023, dipengaruhi gempa susulan magnitudo (M) 7,2 di Laut Banda.

“Aktivitas gempa bumi yang meningkat dipengaruhi gempa susulan magnitudo 7,2 di Laut Banda,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas 1 Ambon, Djati Cipto Kuncoro, di Ambon, Maluku, Jumat.

Ia mengatakan selama sepekan terjadi sebanyak 160 kali kejadian gempa, yang didominasi gempa bumi dangkal (<60 km) dengan magnitudo di bawah 5 yang terjadi di Laut Banda bagian selatan.

Baca juga: BMKG: Gempa M7,2 guncang wilayah Laut Banda, tak berpotensi tsunami

Jumlah kejadian gempa bumi terbanyak berkekuatan di bawah magnitudo 3 sebanyak 23 kejadian, magnitudo 3-5 dengan 125 kejadian, dan sebanyak 12 kejadian gempa magnitudo di atas 5.

Sedangkan berdasarkan kedalaman, pusat gempa bumi berkedalaman lebih dari 60 kilometer sebanyak 141 kejadian, antara 60-300 km 17 kejadian, dan lebih dari 300 km sebanyak dua kali kejadian.

“Dari 160 kejadian gempa bumi, sebanyak lima kali gempa bumi dirasakan dan 155 kali tidak dirasakan,” katanya.

Terkait dengan gempa bumi susulan dari Gempa Maluku magnitudo 7,2 masyarakat, lanjutnya, masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan waspada.

Baca juga: BMKG: Gempa magnitudo 6,0 guncang wilayah Laut Banda Maluku

Baca juga: BMKG sebut gempa susulan di Maluku dangkal namun signifikan M6,8

Pihaknya mengimbau jika terjadi gempa bumi, masyarakat diminta untuk tenang, waspada serta tidak mudah terpancing isu yang tidak bertanggung jawab. Masyarakat juga diimbau untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa.

Jika terjadi gempa bumi, kata dia, masyarakat agar tetap tenang, waspada, dan mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, serta informasi dari BMKG.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah,” ujar Djati.

Baca juga: Gempa susulan berulang kali, warga Maluku Barat Daya pilih tak ngungsi

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PT DLU Batulicin tambah trip pelayaran jelang Natal dan Tahun Baru Previous post PT DLU Batulicin tambah trip pelayaran jelang Natal dan Tahun Baru
Pemprov DKI tuntaskan penataan jalan beton untuk Piala Dunia U-17 Next post Pemprov DKI tuntaskan penataan jalan beton untuk Piala Dunia U-17